Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Rabu, 04 September 2013

Komponen-komponen Komputer

 



Hardware ( Perangkat keras )
Hardware adalah peralatan yang terdapat pada computer yang dapat dilihat oleh mata kita dan bisa dirasakan juga .
Berikut ini adalah macam-macam dari hardware:

Input:

KeyBoard

Mungkin sebagian dari ente ada yang udah tahu tentang perangkat keras yang bernama keyboard ini, karena fungsi keyboard ini sama hampir sama dengan tuts atau tombol yang ada di hape ente atau mesin ketik . Keyboard berfungsi untuk memberikan perintah kepada computer berupa tulisan atau huruf. Kalo ente mau buat surat memakai computer, keyboard ini memegang peran penting, sob. Coba ente bayangin semisalnya ente mau buat surat pake computer tapi keyboardnya gak ada atau hilang , ente gak bakalan bisa bikin surat.

Mouse

         Ente mungkin sudah akrab dengan kata mouse ini, tapi maksud ane bukan tikus. Emang sih bentuknya hampir mirip tikus , tapi gak bakalan mirip sama tikus. Mouse jenisnya ada 2 sob ada yang memakai kabel yang terhubung dengan computer ente dan ada juga yang menggunakan prinsip gelombang. Dalam istilah computer yang ane tahu , member tahu computer mengenai hal apa yang mau ente inginkan dengan cara menunjuk atau meng-klik pada salah satu dari beberapa pilihan yang tersedia, itu disebut menu driven.

Mikropon, perangkat ini dapat ente gunakan untuk menangkap data berupa suara. Buat ente yang mau karaokean make computer bisa sob

 

 

 

 

Kamera Digital, tentunya ente udah gak asing lagi yang namanya kamera digital. Karena sekarang banyak produsen hape yang memasang fasilitas kamera digital pada hapenya. Apabila ente mau mengupload foto atau ingin menyimpan gambar dari kamera digital ke computer ente, ente hanya menyambungkan kamera ente dengan computer melalui kabel USB.

 

 

Scanner, perangkat ini dapat ente gunakan untuk menangkap data tertulis/tercetak di kertas. Seperti gambar di kertas maupun tulisan. Bagi ente yang seneng bikin komik perangkat scanner ini sangat membantu.

 

 

 

 

Joy Stick, alat ini dapat ente gunakan untuk mengcontrol permainan computer. Dengan joy stick ini maka mengendalikan permainan menjadi lebih mudah karena joy stick di khususkan untuk permainan computer .

 

 

Bar code reader, kalo ente sering pergi ke pasar swalayan atau indomaret pasti sering banget melihat alat ini di kasir. Alat ini di gunakan di toko atau swalayan untuk membaca tanda ( kode dalam bentuk garis-garis tegak ) yang tertempel pada barang.

 

 

 

 

DVD ROM Player / CD ROM Player, Alat ini di gunakan untuk membaca data yang tersimpan dalam disk/cd . Alat ini bisa di gunakan untuk ente yang suka nonton film dvd atau menginstal aplikasi menggunakan CD ROM Player. 

 

 

 

Storage Device

Disket 

Disket itu adalah tempat penyimpanan data mirip piringan CD atau VCD yang mungkin sudah sering ente lihat. Dan bedanya disket terbua dari bahan yang lentur makanya disebut juga flexy disk. Kedua permukaannya di lapisi bahan dengan sifat magnetis, dank arena sifat magnetis itulah data dapat direkam. Ada dua ukuran disket yang sering digunakan yaitu yang berdiameter 5 inci dan 3 inci .

HDD (Hard Disk) 

Media penyimpanan data ini mempunyai kemampuan rekam yang sangat besar, di ukur dalam satuan GB. Harddisk terdiri atas piringan-piringan yang tidak lentur sehingga disebut hard disk. Dan umumnya berada permanen di dalam computer. Kapasitas hard disk ini akan berkembang ters sejalan dengan kemajuan teknologi.

 

 

 

Flash Disk 

Flash disk mempunyai ukuran yang sangat kecil dan mudah digunakan serta di bawa kemana-mana. Harganya punjuga relative terjangkau. Kemampuan rekamnya berkisar dari MB sampai dengan GB. Kapasitas ini akan terus bertambah seiring perkembangan teknologi.

 

 

 CD-ROM, CD-RW, dan DVD 

Media CD-ROM ( Compact Disk Read Only Memory )  sama dengan media VCD ( Video Compact Disk ). Bedanya adalah isi data yang direkamnya.  Di dalam VCD biasanya adalah rekaman gambar atau suara yang bisa di putar di TV menggunakan VCD Player , sedangkan CD-ROM berisi data-data yang bisa di baca oleh computer . Bisa berupa data program , bisa juga gambar atau lagu. CD-ROM hanya bisa dibaca oleh computer yang memiliki CD drive. Beda dari CD-ROM dengan CD-RW adalah CD-ROM hanya dapat dipakai satu kali untuk merekam data berbeda dengan CD-RW yang dapat merekam data berulang-ulang.

 

Cashing Unit 

Adalah tempat adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, dan Central Procesing Unit (CPU). Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.  

 

 

 

 

CPU ( Central Procesing Unit) 

CPU merupakan bagian yang paling penting dari computer. Karena CPU merupakan tempat pemrosesan data yang diinput oleh penggunanya. Data dinyatakan dalam bentuk biner ( hanya terdiri dari angka 1 dan 0 ). Kecepatan mengolah CPU di ukur dalam satuan Hertz ( Hz ). CPU ini memiliki kemampuan otak yang mirip dengan otak manusia.  Nama-nama seperti Intel, AMD, Intel Pentium merupakan nama dari prosesor terkenal.

Perangkat Lunak

           

Sistem Operasi
seperti DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows,  Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka computer tak dapat difungsikan sama sekali.
 

 

 

 

Program Utility
seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PCTools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterangan  dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
 

 

Program Aplikasi
seperti GL, MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan guna keperluan interennya.
  • Program Paket
seperti Microsofe office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll. Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
  • Bahasa Pemrograman
PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa
pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu:

·         Low Level Language


Merupakan bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.

·         Midle Level Language


Merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan singkatan-singakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) danMOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).

High Level Language


Merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC,dBase, Visual Basic, VB.Net dan lain-lain.

User 

User atau brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer/ sistem pengolahan data. Brainware merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem komputer.
Menurut tingkat pemanfaatan terhadap komputer,  Brainware digolongkan dalam empat tingkatan dimulai dari tingkatan yang tertinggi:



a. System Analyst: Penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah proyek pembangunan sebuah system informasi khususnya yang memanfaatkan komputer
b. Programmer : Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang
c. Administrator : Seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi  dan  program-program  yang  berjalan  pada  sebuah sistem/jaringan komputer
d. Operator : Pengguna  biasa,  hanya  memanfaatkan  sistem komputer yang sudah ada .
 

 

 


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © Fantasy Of Dreamer //Dreamer//Powered by Blogger //